Letakkan Beban Anda

Cobalah angkat segelas air mineral dengan tangan anda. Bisa? Ya! Sangat bisa. Sangat ringan dan bahkan anak balitapun bisa. Tapi tunggu, jangan turunkan dulu gelasnya. Tetap pegang selama 1 menit. Bagaimana rasanya?

Sekarang coba tahan dulu sampai 5 menit. Mulai ada rasa tidak nyaman di lengan anda.
Coba tahan terus sampai 30 menit. Tangan anda mulai terasa sakit bahkan mungkin anda sudah tak tahan mengangkatnya sebelum 30 menit.
Jika masih kuat, coba tahan selama 1 jam. Saya tak bisa bayangkan kondisi tangan anda sekarang.

Emosi itu seperti segelas air. Awalnya dia tak memberikan efek apapun. Ketika anda dendam pada seseorang, benci pada seseorang atau melakukan kesalahan pada seseorang, mungkin fisik anda tidak mengalami perubahan apapun. Aktifitas anda saja yg mungkin akan terganggu karena sibuk memikirkan masalah tersebut.

Namun, seiring berjalannya waktu, mungkin pikiran anda terlupakan oleh masalah itu karena ada masalah-masalah baru yang datang silih berganti. Masalah baru, pekerjaan baru, pengalaman baru, senang dan susah datang silih berganti hingga anda lupa dengan masalah yang belum selesai itu.

Hari berganti hari, bulan berganti bulan dan tahun berganti tahun, mulailah anda mengalami keluhan fisik. Anda anggap ini hanya sakit biasa, anda beri obat, hilang sebentar tapi beberapa hari kemudian kambuh lagi. Anda obati lagi, tapi kali ini dosisnya tidak cukup kuat menghilangkan sakitnya sehingga anda tambah. Begitu seterusnya hingga sakit itu terus semakin besar dan semakin parah.

80% penyakit yang ada dalam tubuh manusia disebabkan oleh masalah emosi seperti di atas. Emosi mempengaruhi fisik. Dan fisik mempengaruhi emosi. Sehingga terjadilah lingkaran setan yang tak pernah terputus dan semakin lama semakin besar.

Rasa jengkel atau dendam pada seseorang menyebabkan anda sakit, karena sakit anda semakin dendam padanya karena anda anggap gara2 dia anda menderita. Dendam yg makin besar ini akhirnya memperparah sakit dan semakin parah sakitnya, semakin besar dendam anda. Begitu terus sampai anda harus terbaring dan berakhir di ICU.

Sebuah batu kecil, sangat mampu membuat sebuah gunung es longsor. Seekor kupu-kupu dapat menjatuhkan sebuah jet tempur.

Lalu solusinya bagaimana?

Lepaskan….

Jika ada dendam dalam hati anda, maafkan kesalahannya. Bukan untuk dirinya, tapi untuk kebahagiaan anda. Anda mungkin telah disakiti, tapi anda masih sangat berhak untuk bahagia. Cara membalaskan dendam paling efektif adalah ANDA TETAP BAHAGIA.

Jika saat ini anda menggenggam emosi negatif apapun, maka bayangkan itu adalah segelas air yg sedang anda pegang bertahun-tahun. Gelas itu kecil, tapi menggenggamnya bertahun-tahun akan mampu membuat anda kesakitan. Maka lepaskanlah… ikhlaskanlah… dan berbahagialah….

Karena anda sangat layak untuk bahagia….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.